Jumat, 22 September 2017

Makalah Amerika Serikat awal dan berakhirnya Perang Dunia I



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Pada bulan Mei 1942, kekalahan dipihak Jepang dalam pertempuran dilaut koral. Sekutu mengalahkan kekuatan axsis, pada tahun 1912, pasukan Inggris berhasil mematahkan arus desakan Jerman kearah Mesir dan mendesak kembali Jendral Erwin Rommel ke Tripoli dan dengan demikian mengakhiri ancaman terhadap snmz. Pada 7 November 1942, pasukan Amerika Serikat mendarat di Afrika utara Prancis dan setelah pertempuran seru Italia dan Jerman kalah.

Dan pada bulan Oktober Italia memaklumkan perang kepada Jerman. Sementara pertempuran masih berkobar di Italia, pasukan-pasukan sekutu melancarkan serangan dasyat terhadap Jerman. Sekutu membuka Front Barat untuk memaksa Jerman mengalihkan pasukan-pasukan yang jauh lebih besar dari Front Asia. Yang disibukkan di Italia pada tanggal 25 Agustus, Paris berhasil direbut kembali, dipintu gerbang Jerman pihak sekutu terhambat oleh aksi balasan yang keras, tapi dalam bulan Febuari dan Maret 1915, pasukan-pasukan maju memasuki Jerman dari sisi barat dan pasukan Jerman di guncangkan oleh serangan Rusia disebalah timur.

Sementara itu kemajuan besar telah dicapai oleh pasukan Amerika Serikat dikawasan pasifik. Program New Deal yang lain, pada umumnya usaha-usaha New Deal dilaksanakan di bawah kecaman bukan hanya dari partai Republik tetapi juga sering dari partai demokrat sendiri.


B.     Rumusan Masalah
a.       Bagaimanakah Amerika Serikat Memasuki Perang Dunia I ?
b.      Bagaimanakah Amerika Serikat dalam Tahun – Tahun 1920 – an ?
c.       Bagaimanakah Pertikaian Di Luar Negeri, Perubahan Sosial di Dalam Negeri ?
d.      Bagaimanakah Perang Berakhir ?

C.       Tujuan Masalah
a.       Untuk mengetahui Amerika Serikat Memasuki Perang Dunia I.
b.      Untuk mengetahui Amerika Serikat dalam Tahun – Tahun 1920 – an.
c.       Untuk mengetahui Pertikaian di Luar Negeri, Perubahan Sosial di Dalam Negeri.
d.      Untuk mengetahui Perang Berakhir.



BAB II
PEMBAHASAN

PERTIKAIAN DI LUAR NEGERI, PERUBAHAN SOSIAL DI DALAM NEGERI

A.    Amerika Memasuki Perang Dunia I

Pecahnyaa perang di Eropa (1914) Sangat mengejutkan rakyat Amerika. Wilson tetapi perselisihan antara Amerika dan Jerman semakin menonjol. Pada Februari 1913 para pemimpin militer Jerman mengumumkan bahwa mereka akan menghancurkan semua kapal dagang yang berada di atas perairan sekitar kepulauan Britania. Sementara itu, presiden Wilson memperingatkan bahwa Amerika serikat tidak akan melepaskan hak tradisionalnya untuk berdagangan dilaut luas. Kemarahan itu semakin memanas ketika ditenggelamkannya kapal atau penumpang Inggris Lusitania (semi 1915) bersama hampir 1200 orang penumpang yang mana 128 orang di antaranya orang Amerika. Amerika Memasuki perang dunia I, peranan angkatan laut Amerika menentukan sekali dalam membantu Inggris untuk mematahkan blokade kapal selam dan serangan- serangan Jerman yang berada di Prancis.

Dengan merumuskan tujuan perang kalangan sekutu yaitu dengan berpendirian teguh bahwa perjuangan ini bukan ditujukan kepada rakyat Jerman melainkan kepada pemerintah yang otokratis, Wilson banyak menyumbang bagi penyelesain yang cepat atas peperangan itu. Di antaranya adalah pengajuan ‘empat belas pasal’ kepada senat pada bulan Januari 1918 sebagai dasar perdamaian yang adil. Perdamaian disusul oleh isolasionalisme setelah diberi pengertian bahwa harapan Wilson yang sangat besar bagi perdamayan dunia, yaitu liga bangsa - bangsa takkan terwujud apabila ia tidak memberikan konsesi-konsesi kepada kaum sekutu.

Maka dalam perundingan perdamayan di paris pasal demi pasal disingkirkannya. Setelah kalah di Washington Wilson langsung mengajukan seruannya kepada rakyat ketika ia berkeliling di seluruh negara pada 23 September 1919 ia menderita kelumpuhan yang tak pernah sembuh. Pada bulan maret 1920 dalam pemungutan suaranya yang terakhir senat menolak baik perjanjian Versailles maupun piagam liga. Hal ini didasarkan pada kongres tahun 1919 yang mendengarkan Amademen kesembilan belas kepada Negara - Negara bagian yang pada waktunya diratifikasi hingga memungkinkan para wanita untuk ikut pemilihan umum ditahun berikutnya. Politik Konsevatif Berada di Atas sesuai dengan menonjolkanya kemakmuran Amerika dalam tahun- tahun 1920-an sangat konservatif. Pertentangan pendapat itu antara lain dalam bidang tenaga listrik yang besar atas Muscle Shoals, yaitu sungai sepanjang 59 KM di sungai Tennessee dan mendirikan serangkaian bendungan di sepanjang sungai itu sebagai pembangkit tenaga listrik. Selain itu kecamatan juga datang dalam bidang pertanian, karena kaum petani mendapat bagian paling sedikit dalam kemakmuran tahun – tahun 1920-an.


B.     Amerika dalam Tahun – Tahun 1920 - an

Dekade 1920-an membawa perubahan besar bagi negara Amerika. Perubahan tersebut dapat dirasakan oleh kalangan masyarakat kelas menengah (Middle Class) dan   masyarakat kelas atas (Upper Class). Perubahan ini memperlihatkan bahwa segala bentuk keberhasilan, kekayaan, dan kesuksesan terwujud dengan mengusung konsep American Dream, yang menjadi ideology orang-orang Amerika. Berpijak dari ideology tersebut, baik masyarakat Amerika maupun para pendatang berlomba-lomba mewujudkan impian mereka. Menurut Juliasih (1994: 8), konsep     masyarakat Amerika ini yang dikenal sebagai The American Dream, sebenarnya merupakan Trinitas Ideologi Amerika, yaitu, liberty, opportunity, dan progress. Konsep tersebut tercermin dalam kehidupan masyarakat, baik dalam lingkup sosial maupun budaya yang berkembang pada tahun1920-an, ketika segala bentuk kehidupan modern mulai bermunculan dengan pesat.
American Dream yang  kemudian menjadi spirit bagi setiap orang  untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan. Dasar bagi perjuangan masyarakat, bahkan jauh sebelum Amerika didirikan oleh kaum imigran. Amerika yang dikenal sebagai daerah industry dan tekhnologi dapat menarik siapa saja yang ingin mengubah hidup menjadi lebih baik.   Namun, apa yang dijanjikan oleh American Dream tidak sepenuhnya terjadi. Banyak yang salah melihat kesempatan  yang diberikan oleh negara  yang menjanjikan tersebut dalam mewujudkan harapan dan kesuksesan. Kekayaan (wealth) yang berlebihan bisa mengubah kehidupan menuju kesengsaraan dan penderitaan.

Berkembangnya industry dan prekonomian adalah membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bekerja. Pekerjaan yang menjanjikan dan mendapat uang dengan mudah dan cepat. Banyak orang tertarik mengejar kebahagiaan dengan mengumpulkan materi. Sukses yang besar diukur dengan banyaknya materi – uang – yang dimiliki. Muniroh (2009:12) menjelaskan bahwa Amerika adalah daratan baru yang menjanjikan. Tempat baru bagi siapa saja yang menghendaki kehidupan yang lebih baik dan kebahagiaan. Ungkapan ini adalah konsep dari  mimpi  American Dream yaitu Pursuit of Happiness (mencari kebahagiaan).

Keberhasilan dalam pencapaian materi merupakan bukti sukses dan kerja keras dari mimpi Amerika. Karakteristik utama bagi perkembangan masyarakat Amerika pada dasawarsa tersebut adalah munculnya materialism yang berlebihan. Kebutuhan materi menjadi tujuan setiap orang untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan.

Beberapa penulis abad itu merangkum situasi masyarakat dilingkungan Amerika, seperti‗Babbitt‘(1922) oleh Sinclair Lewis,‗Martin Eden‘(1909) oleh Jack London, American Tragedy’(1925) karya John Dreiser, dan sebagainya. Penulis-penulis ini melukis kehidupan masyarakat yang berambisi dengan materi yaitu uang. Gambaran yang  diungkapkan bahwa dengan  uang  mereka bisa mendapatkan segalanya, termasuk orang yang ia cinta. Gambaran realitas social masyarakat   yang diangkat oleh penulis-penulis tersebut adalah bagian dari cirri abad 20 merupakan awal bagi Amerika memasuki era modern.

Abad  20 yang menggemparkan yang sering dikenal  juga dengan   Roaring Twenties (Baughman,1996:vii).  Awal dari suatu kemajuan dan permulaan berkembangnya tekhnologi serta membawa kemajuan bagi masyarakat Amerika. Hal ini menunjukkan munculnya berbagai media dan fasilitas hidup. Bersamaan dengan hadirnya media dankecanggihan tekhnologi memberi kemudahan dalam menjalankan berbagai  aktifitas.  Disamping   itu,  kemajuan  menjadi  salah  satu   bentuk  dari kesuksesan dimasa itu. Kemajuan yang dirasakan, baik dibidang ekonomi, social dan politik, membawa dampak yang sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter masyarakat Amerika. Masa yang member rasa percaya diri dan kebebasan. Hal ini dapat diketahui melalui  maraknya budaya berupa dansa, minum-minuman keras, traveling (pelayaran), olahraga dan sebagaianya.

Bangsa Amerika di masa - Dasawarsa  20-an yang Mengaum jatuh cinta dengan hiburan modern. Adapun cirri dari kehidupan modern adalah berubahnya gaya hidup(lifestyle), berdirinya barsebagai penyedia minuman keras dan klub malam tumbuh subur, menyajikan music jazz, minuman koktil, dan gaya busana dan dansa yang berani. Berdansa, menonton film, tur bermobil, dan radio adalah gaya nasional (Baughman, 1996). Wanita  Amerika, khususnya, merasa terbebaskan mengekspresikan diri dengan gaya hidup baru abad itu. Banyak yang meninggalkan peternakan dan desa untuk mengerjakan pekerjaan sipil dikota-kota (Vanspanckeren, tanpa  tahun: 60).  Sehingga  tidak mengherankan bila  Amerika  di kenal dengan sebutan promiseland (daratan yang menjanjinkan).  Semua bentu krealita sini mengungkapkan identitas Amerika.

Munculnya kemakmuran dan kekayaan, menjadikan orang-orang mendapatkan kesempatan bekerja dan mencari uang dengan cepat. Menjalankan segala aktivitas yang mendatangkan uang, hidup tidak lagi dianggap beban,dimana peluang untuk menjadikanya terbuka lebar. Salah satu kegiatan yang mendatangkan uang dengan cepat adalah penjualan dan berdirinya bar-bar yang dikenal dengan speakeasy (kedai minuman keras). Banyak orang menjadikanya dari penghasilan pendistribusian minuman alkohol. Berdirinya  kedai-kedai dan bar minuman keras, membawa pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat. Kelompok-kelompok ini dengan bebas menjalankan bisnis illegal penjualan cairan-cairan minuman mengandung alkohol. Baughman (1996:198) menegaskan bahwa pada bulan januari   1920 ada sekelompok orang yang  menjalankan aktivitas mereka melalui penyelundupan barang-barang ilegal. Ada perilaku kejahatan pada hubungan politik local yang bisa menjanjikan karir dalam ranah posisi pemerintahan, bahkan besar kemungkinan akan bisa mendatangkan kekayaan (wealth). Peluang untuk menjadi kaya dapat terwujud dengan melakukan penjualan minuman-minuman illegal tersebut. Aktivitas ini dikenal dengan kegiatan bootlegging (penyelundupan minuman alkohol).

Disamping konflik penyelundupan alkohol, terdapat satu peristiwa yang paling penting   dalam  sejarah  Amerika  di  abad  modern  adalah  kasus  suap  dalam pertandingan olahraga (sport) yang dikenal dengan Black Sox Scandal. Suatu permainan olahraga (baseball) World Series yang diadakan setiap akhir musim semi pada bulan oktober di Amerika (Deveney,2009:1). Pertandingan ini   mengalami konflik yang sangat hebat. Masalah besarter jadi dikalangan para pemain dari World Series adalah bahwa delapan orang dari tim baseball White Sox menerima uang suap dari seorang penjudi.

Skandal suap pada pertandingan Seriesini, mempengaruhi terciptanya teks The Great Gatsby. Karena sejarah turnamen ini membawa skandal buruk bagi kesatuan Nasional dalam pertandingan baseball (permainan kasti) abad 20. Skandal suap ini merupakan konflik terbesar dalam sejarah olah raga Amerika. Skandal - skandal ini yang akan dikaji dan dianalisis selanjutnya dalam penelitian ini. Isu suap dan penyelundupan barang  ilegal dan alkohol menjadi hal menarik untuk diangkat. Bahkan sampai diberlakukannya prohibitiondi Amerika, yang menandakan Amerika abad  20  mengalami  perubahan  dari  berbagai  segi  sosialita. Nampak jelas  bahwa realitas masyarakat yang hedonis, dengan melakukan berbagai cara   demi mencari nama, kekayaan, dan popularitas.

C.    Pertikaian Di Luar Negeri, Perubahan Sosial Di Dalam Negeri

Program New  Deal ini mengalami hambatan karena Negara mengalami krisis gagasan. Krisis ini dapat di pecahkan dengan membatasi produksi dan menetapkanharga-harga yang lebih tinggi, namun (NRA) sudah dianggap gagal karena dengan diadakan pengendalian harga yang lebih tinggi dan membatasi produksi merupakan gangguan keras terhadap ekonomi nasional.

Dan kongres mengeluarkan UUD tata hubungan perubahan nasional memberikan jaminan buruh untuk mematuhi mereka. Banyak perubahan yang terjadi perubahan besar dimana karyawan bebas dan beberapa dari serikat buruh masa memisahkan diri membentuk kongres organisasi industri (CIO).

Kekuatan buruh meningkat tidak hanya dalam industri juga dalam politik. Kekuatan ini dijadikam dalam jaminan diperlakukan sosial, dari perbincangan publik menghasilkan UUD. Saat Jendral Tojo berkuasa dijepang, diadakan perdamaian tanggal 7 desember, datanglah jawaban dari pihak Jepang, yaitu hujan bom diatas armada Amerika dan instalasi pertahanannya di Pearl harbour. Kemarahan Amerika serikat memuncak, pada tanggal 8 desember kongres memaklumkan perang terhadap Jepang.

3 hari kemudian Jerman dan Italia memaklumkan perang kepada Amerika serikat. Negara menyiapkan pengerahan seluruh tenaga manusia serta kapasitas industri mereka, dengan sasaran radiksi yang hebat, pembuatan pesawat terbang,tank, mariam penangkis udara dan kapal dagang.

Pada bulan Mei 1942, kekalahan dipihak Jepang dalam pertempuran dilaut koral. Sekutu mengalahkan kekuatan axsis, pada tahun1912, pasukan Inggris berhasil mematahkan arus desakan Jerman kearah Mesir dan mendesak kembali Jendral Erwin Rommel ketripoli dan dengan demikian mengakhiri ancaman terhadap snmz. Pada 7 November 1942, pasukan Amerika serikat mendarat di Afrika utara Prancis dan setelah pertempuran seru Italia dan Jerman kalah.

Dan pada bulan Oktober Italia memaklumkan perang kepada Jerman. Sementara pertempuran masih berkobar di Italia, pasukan-pasukan sekutu melancarkan serangan dasyat terhadap jerman. Sekutu membuka front Barat untuk memaksa Jerman mengalihkan pasukan-pasukan yang jauh lebih besar dari Fron asia. Yang disibukan di Italia pada tanggal 25 Agustus, Paris berhasil direbut kembali, dipintu gerbang Jerman pihak sekutu terhambat oleh aksi balasan yang keras, tapi dalam bulan Febuari dan Maret 1915, pasukan-pasukan maju memasuki Jerman dari sisi barat dan pasukan Jerman di guncangkan oleh serangan Rusia disebalah timur.

Sementara itu kemajuan besar telah dicapai oleh pasukan Amerika serikat dikawasan pasifik. Program New Deal yang lain, pada umumnya usaha-usaha New Deal dilaksanakan di bawah kecaman bukan hanya dari partai Republik tetapi juga sering dari partai demokrat sendiri. Dalam pemilihan umum 1936, Rooselvt memperoleh kemenangan yang lebih mutlak dari pada gubernur AlFred E.

London dari kansas yaitu dari partai republik. Dari tahun 1932-1938 terjadi perdebatan meluas mengenai arti kebijaksanaan New Deal bagi kehidupan politik dan ekonomi bangsa. Dalam keputusan akhirnya mereka memilih untuk mengorbankan kebebasan dengan harapan akan mendapat sesuatu untuk makan. Menurut Rooselvt yaitu harus membuktikan bahwa pelaksanaan praktis pemerintahan yang demokratis adalah sama dengan melindungi keamanan rakyat.

Rakyat Amerika telah sepakat untuk membela kemerdekaan mereka demi segala-galanya dan garis kedepan pertahanan ini terletak dalam perlindungan ekonomi. Sebelum masa jabatan kedua Roosevelt  berjalan cukup lama, program dalam negerinya diliputi oleh suatu bahaya baru yaitu oleh tujuan-tujuan ekspansionis rezim totaliter di Jepang, Italia dan Jerman.

Pada awal-awal tahun 1930an yang pertama dari ketiga negara ini mulai memikul. Tahun 1931, Jepang menyerbu Mencuria dan menindas perlawanan Cina, setahun kemudian mereka mendirikan negara boneka mencakup Italia, yang tunduk dibawah pasisme.          

Tak lama kemudian gugusan reformasi yang dikenal sebagai New Deal ( langkah baru) mulai berjalan lancar. New Deal mencermikan memuncaknya kecenderungan yang telah lama berlangsung untuk meninggalkan sikap loissez fire dan menuju kembali pada pengaturan atas perkereta apian seperti tahun 1980an dan banjir perundang-undangan reformasi negara bagian dan nasiaonal dalam zaman Theodore roostvelt wilson.

Hal yang baru di New Deal ini adalah kecepatannya dalam mencapai hasil. Ketika Roosevelt Wilson mengambil sumpah kepresidenan jaringan bank dan kredit diseluruh negara dalam keadaan lumpuh, kemudian dengan kecepatan luar biasa bank-bank dibuka kembali dan dipakailah suatu kebijaksanaan inflasi mata uang yang modern demi memulai gerakan menanjak dalam harga barang-barang dan demi meringankan beban para pengusaha.

Dibidang pertanian diadakan reformasi yang berjangkauan jauh mengikuti pembatalan Mahkamah Agung terhadap undang-undang penyesuaian pertanian 3 tahun setelah dikeluarkannya. Tahun 1940 hampir 6juta petani menerima subsidi dibawah program ini. Tujuan dari New Deal adalah untuk membebaskan petani sewa pemerintah federal mendirikan administrasi jaminan pertanian untuk memberi subsidi guna pemilihan usaha pertanian.

Dengan syarat-syarat yang ringan bagi para penyewa. Dibawah undang-undang perjanjian perdagangan bulan Juni 1934, menteri Hull berhasil merundingkan perjanjian perlakuan negeri istimewa. Timbal balik yang tidak bersyarat dengan Kanada, Kuba,Prancis dan Rusia. Dan pada tahun 1939 pendapatan pertanian 2x lebih besar dari pada 7 tahun yang lampau.

Program New Deal untuk industri melewati tahap eksperimental dalam tahun-tahun awal pemerintahan Roosevelt. Tahun 1933 didirikan jawaban pemulihan nasional (NRA) NRA sudah dianggap gagal sebelum ia dinyatakan tidak konstitusional dalam bulan mei tahun 1935.  New Deal inilah organisasi buruh mencapai kemajuan yang lebih dari pada diwaktu yang lain dalam sejarah Amerika.

Kongres mengeluarkan undang-undang tata hubungan perburuhan nasional yang mendirikan suatu dewan buruh untuk mengawasi perundingan kolektif. Jaminan sosial diberlakukannya ancaman pengangguran serta ketergantungan diri dihari tua yang sejak lama menjadi bahan perbincangan publik mendorong dikeluarkannya UU jaminan sosial tahun 1935, pada tahun-tahun 1930an mendorong dikeluarkannya suatu UU pengawasan pangan menyeluruh yang menyediakan serangkaian Reservour besar.
           

D.    Perang Berakhir

Usaha yang dilakukan militer sekutu yang terpenting mengenai tujuan politik dari peperangan adalah : Pertemuan internasional yang di selenggarakan pada bulan agustus 1941 antara presiden Roosevelt dan perdana menteri Winston Churchill. Pada waktu itu AS belum terlibat secara aktif dalam pertempuran. Di sebuah kapal penjelajah dekat New Foundland Roosevelt dan Churschill mengeluarkan suatu peringatan tujuan piagam Atlantik yaitu : Tiada perluasa wilayah, Hak semua bangsa untuk memilih bentuk pemerintahan masing – masing, Dipulihkannya pemerintahan sendiri kepada mereka yang haknya telah disingkirkan. Kerjasama ekonomi antara semua Negara, Kebebasan dan perang, ketakutan dan dari kebutuhan semua bangsa. Ditinggalkannya penggunaan kekerasan sebagai sarana politik Internasional.

Pada bulan januari 1945 di Casablanca konferensi Inggris dan Amerika memutuskan tidak akan diadakan perdamaian dengan pihak axis beserta satelitnya dibatalkan kecuali atas dasar penyerahan tanpa syarat. Keputusan ini membuat rakyat Amerika merasa kehilangan seseorang yang tidak dapat tergantikan. Kemudian jabatan itu dipegang oleh Harry S. Human. Dalam masa jabatannya dia melanjutkan usaha untuk mencapai tujuan pokok dari kebijaksanaan politik luar negeri dan dalam negeri New Deal. Pada tanggal 7 mei 1945 Jerman menyerah. Kemudian pada bulan Juli Inggris, Amerika Serikat, Dan Uni Soviet bertemu di Postdam guna merumuskan suatu politik pendudukan dan menyusun suatu program untuk masa depan Jerman. Konferensi ini sepakat mengenai seperlunya membantu dalam pedidikan kembali generasi Jerman yang dibesarkan di bawah Nazisme dan perlunya untuk mempertegas prinsip umum yang menguasai pemulihan kehidupan demogratis di negeri tersebut.

Pada bulan November 1945 di Nuremberg dilaksanakan pengadilan criminal yang ditentukan di Postdam. Sedangkan di Quebec konferensi Inggris-Amerika Serikat memperbincangkan rencana aksi. Di kairo tanggal 2 November 1943 Roosevelt dan Churchill bertemu dengan Cing Kai Syet berguna merundingkan syarat-syarat yang akan direima dijepang termasuk memulihkan kembali segala yang apa didapatkan dari agresinya sebelum itu. DI Teheran pada tanggal 28 November Roosevelt, Churchill dan stalin mengokohkan lagi konferensi Moskow dan menyerukan suatu perdamaian lewat sarana PBB. Di yaha juga disepakati bahwa Negara-negara anggota dewan keamanan PBB harus memiliki hak Veto dalam menyangkut keamanan.   



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Pecahnyaa perang di Eropa (1914) Sangat mengejutkan rakyat Amerika. Wilson tetapi perselisihan antara Amerika dan Jerman semakin menonjol. Pada Februari 1913 para pemimpin militer Jerman mengumumkan bahwa mereka akan menghancurkan semua kapal dagang yang berada di atas perairan sekitar kepulauan Britania. Sementara itu, presiden Wilson memperingatkan bahwa Amerika serikat tidak akan melepaskan hak tradisionalnya untuk berdagangan dilaut luas. Kemarahan itu semakin memanas ketika ditenggelamkannya kapal atau penumpang Inggris Lusitania (semi 1915) bersama hampir 1200 orang penumpang yang mana 128 orang di antaranya orang Amerika. Amerika Memasuki perang dunia I, peranan angkatan laut Amerika menentukan sekali dalam membantu Inggris untuk mematahkan blokade kapal selam dan serangan- serangan Jerman yang berada di Prancis.

Dekade 1920-an membawa perubahan besar bagi negara Amerika. Perubahan tersebut dapat dirasakan oleh kalangan masyarakat kelas menengah (Middle Class) dan   masyarakat kelas atas (Upper Class). Perubahan ini memperlihatkan bahwa segala bentuk keberhasilan, kekayaan, dan kesuksesan terwujud dengan mengusung konsep American Dream, yang menjadi ideology orang-orang Amerika. Berpijak dari ideology tersebut, baik masyarakat Amerika maupun para pendatang berlomba-lomba mewujudkan impian mereka. Menurut Juliasih (1994: 8), konsep     masyarakat Amerika ini yang dikenal sebagai The American Dream, sebenarnya merupakan Trinitas Ideologi Amerika, yaitu, liberty, opportunity, dan progress. Konsep tersebut tercermin dalam kehidupan masyarakat, baik dalam lingkup sosial maupun budaya yang berkembang pada tahun1920-an, ketika segala bentuk kehidupan modern mulai bermunculan dengan pesat.

Program New  Deal ini mengalami hambatan karena Negara mengalami krisis gagasan. Krisis ini dapat di pecahkan dengan membatasi produksi dan menetapkanharga-harga yang lebih tinggi, namun (NRA) sudah dianggap gagal karena dengan diadakan pengendalian harga yang lebih tinggi dan membatasi produksi merupakan gangguan keras terhadap ekonomi nasional.

Dan kongres mengeluarkan UUD tata hubungan perubahan nasional memberikan jaminan buruh untuk mematuhi mereka. Banyak perubahan yang terjadi perubahan besar dimana karyawan bebas dan beberapa dari serikat buruh masa memisahkan diri membentuk kongres organisasi industri (CIO).

Pada tanggal 7 mei 1945 Jerman menyerah. Kemudian pada bulan Juli Inggris, Amerika Serikat, Dan Uni Soviet bertemu di Postdam guna merumuskan suatu politik pendudukan dan menyusun suatu program untuk masa depan Jerman. Konferensi ini sepakat mengenai seperlunya membantu dalam pedidikan kembali generasi Jerman yang dibesarkan di bawah Nazisme dan perlunya untuk mempertegas prinsip umum yang menguasai pemulihan kehidupan demogratis di negeri tersebut

B.     Saran

Secara pribadi penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan atau pun kejanggalan. Untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi kelancaran dalam pembuatan makalah selanjutnya.


  
Daftar Pustaka
 
Leonard J.N. 1984, Amerika Kuno, Jakarta, PT. Tira Pustaka


Hidayat M. 1981, Pergolakan di Amerika Latin dalam Dasawarsa ini, Jakarta, Ghaila Indonesia.

Gray W, dkk. 1980, Garis Besar Sejarah Amerika, New York, Andrew Mellon Collection.

2 komentar:

Perkembangan Pendidikan Pada masa Kerajaan Islam di Jawa dan Sumatra Pra Kolonialisme

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Sebelum penjajah Belanda datang ke Indonesia, telah ada beberapa kerajaan Islam yang ber...